Dalam rangka menjalankan amanah Undang-Undang No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berupaya untuk berperan lebih aktif dalam penanganan Peningkatan Kualitas kawasan permukiman kumuh sesuai dengan kewenangannya. Untuk itu Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Prov. Kalsel pada Bidang Pengembangan dan Permukiman telah melaksanakan kegiatan Fisik Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Tahun 2020 yang tersebar di Kab/Kota, salah satunya ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yaitu pada Kelurahan Kampung Kadi dan Kel. Sarigading dengan progress fisik sudah mencapai 100%, sedangkan pada kel. Mualimin Luar saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Disperkim Prov. Kalsel berkomitmen untuk selalu bersenergi dengan Kab/Kota selaku pemangku kebijakan  daerah terhadap isu-isu dalam rangka mewujudkan target pengurangan kawasan kumuh yang menjadi kewenangan provinsi.

Penanggulangan masalah permukiman kumuh di Provinsi Kalimantan Selatan hingga kini masih jauh dari harapan. Perbaikan permukiman kumuh menjadi layak huni di daerah tersebut belum bisa dilakukan secara maksimal. Hal tersebut disebabkan perkembangan permukiman yang tidak didukung pembangunan sarana dan prasarana sanitasi lingkungan yang baik. Permukiman kumuh tersebut umumnya tidak memiliki drainase yang baik, sarana kebersihan minim, rumah penduduk berupa bangunan darurat dan jalan lingkungan.

Oleh karena itu dalam upaya penanganan kawasan permukiman kumuh ini kami telah mem-prioritaskan untuk melakukan pekerjaan fisik di lapangan berupa perbaikan jalan lingkungan dengan pemasangan Paving Blok. Dan diharapkan dengan adanya perbaikan jalan lingkungan tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga dapat menjadikan permukiman yang layak dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here